Cari dulu penyebabnya.. baru engkau akan menemukan jawabannya.
الحمد لله رب العالمين ، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين

15 Cara Redakan Stress  

Diposkan oleh AshidiQ NuGrahA


Dalam kehidupan modern setiap hari sarat dengan segala tuntutan dan permasalahan,
ditambah berbagai beban hidup, membuat stress sepertinya jadi sesuatu yang tak
terelakkan. Tekanan demi tekanan semacam itu jika dibiarkan akan sangat mengganggu
secara psikologis. Namun, ada banyak cara untuk meredakan stress, simak 15 tips yang
kami sampaikan berikut ini.
1. Ambil Jeda
Saat Anda menyadari mulai merasakan tekanan, hentikan apapun yang tengah Anda
kerjakan dan katakan dalam hati pada diri Anda sendiri 'tenang.'
2. Atur Tarikan Nafas
Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan, konsentrasikan pada gerakan
diafragma Anda. Lakukan ini dua atau tiga kali hingga Anda mulai merasa terkendali.
3. Redakan Ketegangan
Jika Anda sedang duduk, berdirilah dan lakukan perenggangan yang lembut seleber yang
Anda mampu. Gerakan tangan dan lengan Anda bergantian, lalu angkat bahu dan buat
tubuh Anda merasa rileks.
4. Bergeraklah
Lakukan jalan cepat, meski itu hanya jalan-jalan di seputar ruangan atau kamar mandi,
hal ini berguna untuk membantu melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur ini
dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stress.
5. Berteriak Dan Menjerit
Pergilah ke sebuah tempat yang pribadi dan menjerit atau berteriak sekeras yang Anda
bisa. Ini dapat juga dipakai untuk terapi pereda stress. Beberapa orang menemukan
memukul bantal sekeras mungkin dapat membantu.
6. Terapi Esensial Bunga
Letakan beberapa tetes sari bunga, seperti Bach Rescue Remedy, Jan de Vries Emergency
Essence atau Australian Bush Flower Emergency Essence, di lidah Anda.
7. Berpikirlah Positif
Pilih sesuatu yang layak, sebuah pemikiran pribadi yang positif - seperti misalnya 'Aku
merasakan tekanan positif, bukan stress yang negative' - dan ulangi secara teratur pada
diri Anda sendiri.
8. Santap Makanan Sehat
Jalani diet makanan sehat dan jangan tergoda untuk makan berlebih. Santap makanan
kecil yang sehat, seperti buah kering, biscuit gandung untuk membantu memperbaiki
kadar gula Anda.
9. Dengarkan Musik
Mendengarkan irama musik yang lembut dapat membantu Anda lebih tenang. Suara alam
seperti rekaman debur ombak, kicau burung, atau suara air yang mengalir sangat idela.
10. Pertegas Diri Anda
Belajarlah untuk bersikap lebih tegas. Berkata 'Tidak' untuk permintaan yang tak masuk
akal akan membantu Anda mengurangi tekanan.
11. Terorganisir
Mulai atur kehidupandan waktu Anda secara efektif. Buat Prioritas sehingga Anda dapat
mengatasi tekanan dalam satu waktu.
12. Beri Pujian Pada Orang Lain
Buat sebuah poin dengan memberi pujian secara tulus pada orang lain di sekitar Anda.
Jika Anda mampu membuat mereka merasa nyaman dengan diri sendiri memberi efek
positif pada Anda juga.
13. Tertawa
Tonton komedi, tertawalah bersama teman Anda, atau kunjungi website yang khusus
menyediakan lelucon - tertawa merupakan penawar luar biasa bagi stress.
14. Temukan Ketenangan Dari Dalam
Visualisasi atau meditasi dapat membantu Anda menemukan sebuah ketenangan dari
dalam pada saat di sekeliling Anda dipenuhi tekanan dan kegaduhan.
15. Konsumsi Vitamin dan Suplemen
Anda mungkin butuh grup vitamin B, dan antioksidan semacam vitamin C dan E pada
saat-saat penuh tekanan. Suplemen probiotik dapat juga membantu Anda mengatasi
stress.

This entry was posted on Senin, September 05, 2011 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Poskan Komentar (Atom) .

0 komentar

Cari Blog Ini

Memuat...

Popular Posts Today

Daftar Kode Pos Di Indonesia

Teman Bloger

Chat Bok